Suspensi Sepeda Motor (Part 2)

14 Okt

SISTEM SUSPENSI SEPEDA MOTOR

Suspensi berfungsi sebagai peredam getaran yang ditimbulkan oleh kondisi jalan terhadap roda. Gangguan pada suspensi akan berpengaruh langsung pada kenyamanan berkendara. Pada sepeda motor Nasha menggunakan sistem suspensi sebagai berikut :

A. SUSPENSI DEPAN

Sistem suspensi depan disatukan dengan sistem kemudi dan juga menopang roda depan dan mengurangi goncangan jalan pada sistem kemudi. Tipe suspensi depan yang ada pada sepeda motor Nasha yaitu :

1. LEADING LINK

Jenis suspensi ini dirancang memiliki pivot link menghadap ke arah depan, dan shock absorber ditahan oleh leading edge pada garpu.
Suspensi depan ini dipakai pada sepeda motor Nasha type Nasha Meteor 3 Roda

2. TELESCOPIC

Bekerja berdasarkan pergerakan turun naik pipa garpu yang mendapat bantuan tekanan dari per .
Prinsip dasar kerjanya adalah oli akan mengontrol gerakan turun naik per suspensi, yang akan diatur oleh keluar dan masuknya oli melalui lubang-lubang kecil yang terdapat pada pipa ( Oil Orifice ), sehingga akan menghasilkan gerakan turun naik yang lembut dari pergerakan per suspensi, sesuai dengan variasi permukaan jalan yang dilalui kendaraan.
Sistem ini mempunyai kekakuan yang sempurna dan langkah peredaman yang panjang sehingga factor peredaman sangat besar
Suspensi depan ini dipakai pada sepeda motor Nasha type Nasha Cub ( Puma, Sparta dan N1SR ), Nasha Trans dan Nasha City

3. UPSIDE DOWN

Jenis suspensi ini memiliki kestabilan yang prima (memiliki sifat stiffness atau sifat kekakuannya lebih kuat) sehingga motor lebih stabil jika menerima benturan (shock dampening) dan tidak oleng saat menikung.
Berbeda dengan suspensi lainnya ( tipe telescopic ) tabung barrelnya terletak di bagian atas dan lebih besar dan biasanya isi tabungnya menggunakan gas ( biasanya gas nitrogen )
Suspensi depan ini dipakai pada sepeda motor Nasha type Nasha Winner

B. SUSPENSI BELAKANG

Suspensi belakang jenis swing arm memberikan kenyamanan dalam mengendarai serta membantu daya tarik terhadap beban dan mempunyai kemampuan yang baik dalam mengontrol gerakan roda.
Penggunaan swing arm sebagai penunjang dan penahan rear axle pada bagian ujung swing arm, akan memberikan reaksi yang cepat dan baik pada roda dalam memberikan kestabilan motor saat bermanuver


1. CONVENTION DUAL SPRING / DAMPER TYPE

Jenis ini mempunyai dua spring damper yang mendukung bagian belakang frame body dan bagian belakang swing arm.
Suspensi depan ini dipakai pada sepeda motor Nasha type Nasha Cub ( Puma, Sparta dan N1SR ), Nasha Trans dan Nasha City

2. MONOSHOCK

Tipe ini merupakan salah satu tipe yang unik baik dari segi bentuk maupun dari segi posisi cushionnya, hal ini sangat baik dalam penggunaannya yang disesuaikan untuk kendaraan racing dan mesin sport dimana karakter mesinnya sebaik mesin jarak jauh.
Jenis suspensi ini dipergunakan pada sepeda motor Nasha type Nasha Winner

3. LEAF SPRING

Tipe ini mengadopsi langsung sistem suspensi belakang yang ada pada mobil, khususnya untuk mobil pick up. Hal ini disesuaikan dengan fungsi kendaraan tersebut. Untuk kendaraan sepeda motor 3 roda hal ini baru dipergunakan dan untuk sepeda motor Nasha sistem suspensi belakang ini dipergunakan untuk type Nasha Trans 3 Roda dan Nasha Meteor 3 Roda

Sumber:

http://cahyoadjah.blogspot.com/2009/05/suspensi.html

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: