SHINERAY LONGMARCH XY200GY-7, Motor dengan CDI Redundant?

27 Okt

Shineray XY200GY-7 “Long March”

Shineray “Long Mach” merupakan salah satu produk pertama dari gelombang generasi baru motor China. Ketika banyak produsen sepeda motor Cina masih berkutat dalam memproduksi salinan sepeda motor Jepang yang sudah jadul, Shineray mulai menemukan jalan mereka sendiri dalam menghadapi belantara industri sepeda motor di negeri tirai bambu..

Motor ini terinspirasi oleh desain Honda tua, “Long March” dibangun sebagai platform untuk menampilkan keinginan dan tujuan Shineray di masa depan.
Produk ini sendiri secara umum didasarkan pada disain Honda XL185 tahun 80-an
Sepeda motor ini mungkin dipilih sebagai fokus keahlian pertama perusahaan dalam membangun merek mandiri dan tidak hanya memproduksi motor kloningan karena di china sangat berlimpah kloningan Honda XL185, XL150 dan X125.
karena banyaknya kloningan jenis itu mengakibatkan berlimpahnya suku cadang dan cetakan suku cadang yang dapat dimanfaatkan dengan biaya lebih murah yang kemudian menurunkan risiko bagi produsen.
.

Shineray mengambil platform Honda XL185 tua dan memberikan beberapa jiwa baru ke dalamnya. Mereka mengubah desain lengan ayun dan mengubah penempatan dual shock yang progresif. Sebuah desain yang banyak orang akan menganggapnya sangat2 jadul bagi produk motor dual purpose bar, tetapi dalam kenyataannya sistem peredamannya bekerja sangat baik. Ide utama dalam pengembangan motor ini adalah kehandalan, utilitas dan jangkauan. Ajrutan Stereo yanga progresif menambah kehandalan produk seperti halnya sistem CDI yang sudah mengadopsi sistem “Redundant”. Sepeda motor ini dibangun dengan sistem yang dilengkapi CDI sekunder yang sangat berguna jika Anda berada di tengah-tengah negara antah berantah, di tengah hutan belantara atau gurun dan mengalami kerusakan CDI. Produk Ini dirancang untuk tidak meninggalkan pengendara itu terdampar tanpa daya.

Sebagai salah satu fitur keandalan, Shineray menambahkan tangki besar yang dapat memuat 21L bensin (5,6 galon) yang dapat dihabiskan sampai 700-800km perjalanan per tangki. Satu masalah dengan tangki adalah tidak adanya sistem cadangan bensin sehingga pengendara harus selalu khawatir tentang jumlah sisa bahan bakar dalam tangki. Juga penempatan tutup tangki seharusnya bisa diletakkan lebih baik lagi untuk memudahkan pengendara dalammenjangkaunya sehinnga memudahkan dalam memperkirakan berapa lagi sisa bensin yang dapat keluar dari tangki besar tersebut.

Riding impressions sepeda motor ini cukup baik. Kursi lebar dan nyaman dan mesin OHC 200cc yang terinspirasi Honda dapat menyemburkan tenaga sebesar 16hp dan dapat menarik beban dengan baik.. Shineray berhasil membangun mesin yang bebas getaran sampai sekitar 8500rpm. Motor ini sangat nyaman dikendarai pada rentang 6000-7000rpm, dimana rentang ini merupakan rentang pengendaraan yang paling ekonomis. Pada putaran mesin di atas 7500rpm, pengendara akan merasakan perubahan besar dalam konsumsi bahan bakar tergantung pada berat beban yang dibawa. Mengendarai secara berboncengan melalui pegunungan diprovinsi Guangxi barat dengan membawa cukup banyak peralatan untuk akhir pekan, secara mengejutkan saya berhasil melahap lebih dari 700 km untuk satu tangki penuh.

Fit and finish dari sepeda motor ini cukup dapat diterima dan kualitasnya selalu meningkat setiap batch baru diluncurkan. Shineray mempertimbangkan beberapa saran dari pelanggan tentang cara meningkatkan kualitas produk. Disain throttle assy dan kaca spion baru akan segera dirilis. Menurut Shineray penggantian ini bukan karena kualitas produk tetapi karena bagian itu cenderung lebih mudah pecah jika motor terjatuh. Hal ini merupakan berita bagus bagi pengendara sepeda motor Cina. Hal yang bagus ketika mengetahui bahwa pada beberapa pabrik di Cina sedang mempertimbangkan kehandalan dan daya tahan suku cadang yang digunakan untuk membangun sepeda motor mereka. Juga warna kamuflase/ army look yang sebelumnya digunakan pada motor ini telah dihentikan karena kurangnya kerekatan cat ke plastik dan motor masa depan hanya akan diproduksi dengan warna dari plastik itu sendiri.

Satu-satunya desain orisinal yang saya bisa lihat pada motor ini adalah pilihan Shineray untuk sproket belakang yang ukurannya lebih besar dari ukuran satu piring makan nenekku.
Jika motor ini benar-benar dimaksudkan untuk digunakan dalam turing jarak jauh atau eksplorasi, sprocket belakang 56 gigi yang ukurannya besar adalah suatu kesalahan besar.
Tidak hanya menghambat jangkauan jelajah motor,tapi juga memberikan efek yang serius pada kecepatan nyaman jelajah motor dan pada dasarnya membatasi pengendara untuk melaju sampai 80kmph.
Setiap encapai kecepatan diatas 80kph, mesin terasa seolah-olah sedang sekarat untuk tetap hidup, meraung2 untuk mencapai setiap kph sementara jumlah behan bakar yang dikonsumsi juga semakin membludak.

Shineray telah bekerja dengan baik untuk motor ini. Shineray merupakan salah satu perusahaan yang tidak puas hanya menjadi produsen dari sepeda motor kloningan produsen Jepang, juga mau melakukan R & D untuk mengembangkan beberapa tipe baru yang akan membantu perusahaan membangun brand image sendiri. Shineray telah memutuskan untuk tidak masuk ke kancah persaingan streetbike dan lebih berkonsentrasi pada pengembangan dirt bike & enduro bike. Perusahaan ini juga menyatakan bahwa mereka ingin menjadi KTM-nya China, mengembangkan motor offroad yang tangguh untuk berkompetisi di kancah off road internasional.

Banyak peminat diluar china yang tertarik dengan “Long March” ini yang terekam di berbagai forum sepeda motor asing. Dari tanda-tanda tersebut dapat kita perkirakan di masa mendatang sepertinya Shineray merupakan salah satu merek Cina yang patut diperhitungkan.

Shineray juga baru-baru ini mengembangkan mesin250cc berpendingin cairan dengan 6 tingkat percepatan yang akan dipasangkan pada Shineray X2 baru yang akan dirilis ke pasar di Cina Juni mendatang. Ada juga rumor yang menyatakan Shineray akan memproduksi sepeda ENDURO 400cc pada akhir tahun 2008, tapi sampai sekarang belum ada kejelasannya.

Bike Specs

Length/ Width/ Height: 2150/850/1350 mm

Seat Height: 870mm

Turning Circle: 1390mm

Dry Weight: 122kg

Wet Weight: 150kg

Front Tire: 90/90-21

Rear Tire: 120/90-18

Engine Model: 163FMJ

Compression: 9.0:1

Horsepower: 16hp (12.0kw)/9500

Displacement: 196CC

Top speed: 90km/h

Fuel Tank 21L (5.6 us gallons)

Sumber: http://www.mychinamoto.com/forums/showthread.php?19-Shineray-XY200GY-7-quot-Long-March-quot&highlight=shineray

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: